Sejarah Desa Tegalbang


Tegalbang - Berawal dari orang jaman dulu yang melakukan penebangan hutan atau dalam istilah Jawa "Babat Alas" sehingga menjadi tanah yang lapang atau luas. Mereka lalu menempati tanah tersebut dan membangun rumah, semakin lama tanah yang semula kosong berubah menjadi pemukiman warga. Lalu mereka memutuskan untuk membuat beberapa desa yang tujuannya untuk membedakan wilayah tertentu dengan yang lainnya.
Salah satunya adalah desa Tegalbang, orang yang memberi nama tersebut yakni mbah Jalangas.  Mbah Jalangas merupakan orang pertama yang menempati Desa Tegalbang, beliau juga seorang pertapa atau dukun yang bisa menyembuhkan orang dari berbagai macam penyaki. Setelah Mbah Jalangas meninggal,  kini makamnya dikeramatkan oleh masyarakat Desa Tegalbang,  dan setiap tahun sekali dilaksanakan sedekah bumi "manganan" di makam mbah Jalangas.
Tegalbang sendiri berasal dari gabungan kata dalam bahasa Jawa yaitu "Tegal" adalah tanah yang luas,  sedagkan "bang/abang" adalah merah. Jadi artinya Tanah yang merah.

Komentar